Showing all 2 results

-9%
Rp 40.000
-9%
Rp 29.900

Apa itu Rumput Kucing?

Istilah rumput kucing, atau rumput kumis kucing, atau rumput akar kucing mungkin bukan istilah familiar bagi masyarakat awam terutama mereka yang tidak memelihara kucing. Pada dasarnya, cat grass ada dan sekarang banyak dibudidayakan oleh banyak orang karena berdampak positif untuk kesehatan kucing.

Sama seperti menyediakan makanan kucing, baik itu makanan utama atau camilan pendamping, ada produk lain — setidaknya menurut @TokoKekucingan — wajib disediakan, yakni Cat Grass. Alih-alih menanamnya di kebun atau pekarangan rumah, orang terbiasa memelihara rumput kucing ini di dalam ruangan dalam sebuah pot.

Rumput Kucing atau cat grass diberikan secara utuh pada kucing., tapi juga dicampurkan pada makanan kucing. Nah, tahukah kamu, ada berbagai macam jenis rumput kucing yang dijual di pasaran? Salah satu yang populer adalah Rumput Gandum Kucing (wheatgrass). Selain itu ada juga jenis ryegrass atau orchard grass.

Fungsi Rumput Kucing

Punya kucing di rumah tapi belum menanam cat grass? Alangkah baiknya simak dulu beberapa fungsi rumput kucing berikut ini:

Mengeluarkan bola-bola bulu

Pernahkan kamu melihat video lucu tentang kucing? Pasti sering juga kan melihat kucing muntah?

Teori muntah kucing, memang terdengar aneh. Namun perlu kamu ketahui kalau kucing muntah itu sebenarnya baik untuk kesehatan. Apalagi bila terdapat bola-bola bulu yang tersangkut di perut mereka.

Daripada meragukan manfaat rumput kucing, alangkah baiknya jika kamu mulai berpikir untuk membeli dan menanamnya mulai sekarang.

Memperlancar sitem pencernaan

Pemberian rumput kucing juga sangat baik untuk menghindarkan kucing dari resiko sembelit. Coba bayangkan rasa tidak menyenangkan ketika kamu mengalaminya sendiri? Ga enak, bukan?

Hal yang sama juga dirasakan oleh kucing kamu, loh. Maka dari itu, untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan kucing, berikanlah rumput buat kucing secara teratur. Pemberian dengan porsi yang tepat akan melindungi pencernaan mereka.

Kalau kamu punya jumlah kucing yang banyak, kamu bisa menanam cat grass ini dalam jumlah yang benar dan pastikan satu kucing mendapatkan satu rumput kucing, sehingga tidak perlu saling berbagi.

Menyehatkan bulu dan kulit kucing

Salah satu cara mengetahui kesehatan kucing adalah dengan melihat penampilan mereka. Kucing yang sehat memiliki bulu yang lebat dan kulit yang cantik. Kebalikannya, kucing tidak sehat bulunya seringkali rontok hingga terjangkit kutu loncat.

Memberikan rumput kucing akan membantu menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing, mengapa? Karena dalam rumput tersebut terkandung vitamin B3 dan B12.

Sudah menjadi rahasia umum jika kedua varian vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan kucing.

Manfaat Rumput Kucing

Setelah mengetahui beberapa fungsi dari cat grass, bisa jadi kamu mungkin penasaran dan ingin tahu apa saja manfaatnya, bukan?
Sini, cari tahu manfaat rumput kucing berikut ini:

Meningkatkan sistem imunitas

Sudah menjadi rahasia umum kalau kucing merupakan hewan pemalas, namun kamu sebagai pemiliknya harus bisa membedakan antara kucing malas dengan kucing sakit.

Salah satu manfaat yang bisa kucing peroleh dengan aktivitas menggigit atau makan rumput adalah tubuhnya akan selalu sehat dan bugar.

Memberikan rumput khusus kucing diyakini dapat meningkatkan sistem imunitas kucing dan membuatnya terhindar dari penyakit menular.

Memperlancar sirkulasi darah

Manfaat lainnya adalah membantu memperlancar sirkulasi darah. Karena tanaman ini kaya akan asam Folat maupun zat hijau daun (klorofil). Kedua zat ini berfungsi meningkatkan protein juga sel darah dalam tubuh kucing.

Karena alasan itu pula, banyak orang yang merekomendasikan cat grass atau rumput kucing ini untuk mengatasi anemia pada kucing. Jika secara kebetulan kamu memelihara kucing dengan gejala anemia, maka cukup berikan rumput ini sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menjaga kesehatan gigi kucing

Selain baik untuk mengatasi Anemia, cat grass juga sangat bagus untuk gigi kucing. Kenapa begitu?

Cat grass, memiliki tekstur yang sangat unik. Bagi kucing, tanaman ini juga memiliki aroma yang wangi. Mengigit rumput ini secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan gigi kucing, terlebih bila dilakukan secara konsisten.

Antioksidan pencegah kanker

Apakah kucing bisa menderita penyakit kanker? Jawabnya tentu saja bisa.

Sangat penting bagi kamu, sebagai pemilik kucing, untuk mengenal macam-macam tanda kanker pada kucing. Seperti, penurunan berat badan atau mimisan.

Menariknya, rumput kucing ternyata cukup efektif untuk mencegah kanker pada kucing. Mengapa?

Karena rumput yang disukai kucing ini, kaya akan Vitamin E (antioksidan). Tidak hanya membantu kucing terhindar dari penyakit kanker, antioksidan juga bagus untuk menghindarkan kucing dari penyakit jantung, loh.